h1

Profil

PROFIL SEKOLAH

A. Profil SMK Setia Budhi

1. Identitas Sekolah

a. Nama Sekolah SMK Setia Budhi Rangkasbitung

Alamat Sekolah Jln.Budi Utomo No. 22 L

c. Kecamatan Rangkasbitung

d. Kabupaten Lebak

e. Propinsi  Banten

f. Nomor Statistik Sekolah 201.020.301.009

g. Tahun didirikan 1974

h. Tahun Operasi 1774

i. Status Tanah Hak Milik Yayasan Setia Budhi

a).  Surat Kepemilikan

b).  Luas Tanah

j. Satus Bangunan Hak Milik Yayasan Setia Budhi

a).  Surat Ijin Bangunan

b). Luas Bangunan

2. Identitas Kepala Sekolah

a. Nama Armin, S.Pd

b. N I P 131 789 170

c. Pendidikan Terakhir S1 A / IV

d. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia

Sejak terbentuknya yayasan Setia Budhi Rangkasbitung dari yayasan Perguruan Sarjana (YAPERSA). YAPERSA adalah yayasan sosial yang bergerak dibidang pendidikan yang mendapat bantuan dari NOVIB (Nederland Organization voor Internatiunnale Bisjstand).

YAPERSA mendirikan Sekolah Teknik Menengah Sarjana pada tahun 1973 di Rangkasbitung dengan membuka 2 jurusan, yaitu jurusan teknik mesin dan jurusan teknik listrik, saying Sekolah Teknik Menengah Sarjana tidak menunjukan kemajuan bahkan cenderung vakum sampai akhir tahun 1974.

Untuk menghindari ke vakuman dan demi masa depan anak didik Sekolah Teknik Menengah Sarjana maka tanggal tanggal 26 November 1973 dibentuk tim penampung yang keanggotaannya terdiri dari unsur orang tua murid, unsur guru, tokoh masyarakat, dan tokoh pendidikan di kabupaten Lebak untuk mengadakan pertemuan. Dari pertemuan itu menghasilkan keputusan bahwa kelangsungan pendidikan ditindaklanjuti oleh yayasan Setia Budhi mulai tanggal 7 Desember 1974 dan sekaligus diganti nama menjadi Sekolah Teknik Menengah Setia Budhi Rangkasbitung. Gedung dan fasilitas yang digunakan adalah peninggalan dari Sekolah Teknik Menengah Sarjana.

Pada desember 1974 Sekolah Teknik Menengah Setia Budhi membuka dua jurusan yaitu jurusan Teknik Mesin dan jurusan Teknik Listrik. Jumlah siswa pada saat itu adalah 180 siswa, terdiri dari jurusan Tenik Mesin 98 siswa dan jurusan Tenik Listrik 85 siswa. Karena perkembangan dunia pendidikan, STM Setia Budhi berganti nama Sekolah Menengah Kejuruan Setia Budhi. Pada saat ini Sekolah Menengah Kejuruan Setia Budhi memiliki 4 Program Keahlian, yaitu Program Keahlian Teknik Mesin. Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif dan Program Keahlian Teknik Audio Video. Dengan jumlah murah murid 1200 siswa.

SMK SETIA BUDHI berdiri pada tahun 1977, adalah sekolah swasta yang sudah diakui oleh Pemerintah dan Masyarakat.Era globalisasi merupakan era yang harus dihadapi. Untuk menghadapi-nya diperlukan tenaga-tenaga yang berkompetensi dibidangnya. Yayasan Pendidikan SETIA BUDHI dalam hal ini SMK SETIA BUDHI merupakan salah satu SMK kelompok Teknologi Industri di Kabupaten Lebak yang mempunyai beberapa program keahlian. Masing-masing program keahlian siap untuk menyuplai tenaga-tenaga yang cukup dibidangnya. Sehingga lulusannya siap untuk bersaing mengisi era global sesuai dengan tuntutan Industri. Karena titik sentral yang menjadi pengendali era abad ini adalah Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan handal.

Status Sekolah

SMK SETIA BUDHI adalah sekolah swasta dengan status Akreditasi Teknik Pemesinan (Akreditasi A), Teknik Mekanik Otomotif (Akreditasi B), Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik (Akreditasi A), dan Teknik Audio Video (-) dengan nomor : 02/ BAS / MN / IV / 2005 dan dikelola oleh yayasan SETIA BUDHI Rangkasbitung dengan Akte Notaris Yusnita Gunawan, SH. Jl. Multatuli No. 31 Rangkasbitung tanggal 22 Februari 1995 No. 34

Tujuan Pendidikan SMK Setia Budhi

– Mempersiapkan peserta didik menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri

dan dapat diserap oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri DU/DI sebagai tenaga kerja

tingkat menengah sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya

– Memberikan pembekalan agar mampu berkarier, ulet dan giat dalam berkompetensi,

mampu beradaptasi di lingkungan kerja dan dapat mengembangkan sikap

profesional sesuai kompetensi yang dimilikinya

– Membekali peserta didik dalam Ilmu Pengetahuan Teknologi, seni dan wawasan

entreuprener agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari

Lama Pendidikan

Lama Pendidikan di SMK adalah 3 (tiga) tahun dengan beban Mata Diklat Kelompok Normatif 960 jam, Mata Diklat Kelompok Adaptif 2072 jam dan Mata Diklat Kelompok Produktif 1500 jam. Alokasi waktu 1 jam tatap muka @ 45 menit. Praktek kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 12 bulan, menggunakan alokasi waktu pemelajaran produktif.

One comment

  1. waH bRu kLs 1 da jd kTua osis..

    dsni prograM ny teknik jaa yy..(czny bRu tHu)hee

    sdikit skaLi untk anggoTa paskib ny..

    stlah w bca skulah ny..
    bgus ko.. wLaupun gUw gag tHu skulah..haha

    smngaT yy)))



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: