h1

OSIS

OSIS-SBD (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMK Setia Budhi Rangkasbitung adalah suatu badan organisasi yang berfungsi sebagai penyalur aspirasi siswa kepada pihak sekolah untuk merealisasikan keinginan dalam berkarya. Pengurus harian OSIS-SBD merupakan siswa-siswi yang terpilih berdasarkan Pemilihan Umum yang diadakan di SMK Setia Budhi Rangkasbitung(SBD) Pemilihan tersebut diselenggarakan oleh MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas) serta melibatkan pengurus sekolah seperti Wakasek SMK Setia Budhi,Pembina OSIS,Pembina tigaP (PASKIBRA,PMR,PRAMUKA)  dimana kandidat-kandidat pengurus harian OSIS-SIK merupakan siswa-siswi yang dipilih berdasarkan musyawarah bersama. Suara terbanyak dalam Pemilihan Umum akan menjabat sebagai Ketua Umum, dan selanjutnya. Anggota OSIS-SBD adalah seluruh siswa dan siswi SMK Setia Budhi Rangkasbitung, sedangkan pengurus OSIS adalah siswa-siswi yang terpilih untuk mengkoordinasi bidang-bidang yang ada di OSIS.Demi kemajuan sekolah agar menjadi sekolah yang go international technic schoo,sekolah kami juga sering mengadakan pensi,biasanya OSIS-SBD berkerjasama dengan anak mahasiswa STKIP dalam masalah pensi dengan maksud agar kinerjanya lebih baik.OSIS-SBD suka melakukan BAKSOS (Bakti Sosial) ke daerah yang membutuhkan bantuan tetapi dalam memberikan bantuan mereka tidak pernah memberikan dalam bentuk materi tetapi dalam bentuk bahan pokok.Demi meningkatkan kinerja OSIS-SBD ketua OSIS-SBD sering melakukan banding dengan sekolah-sekolah lain denagan maksud agar ada link dengan sekolah lain,tukar informasi,dan lain sebagainya yang bersifat positif demi kamajuan sekolanya masing-masing.

Selain itu juga demi terciptanya kinerja OSIS yang profesional kami OSIS SMK SETIA BUDHI Rangkasbitungpun mempunyai MPK (Majelis Perwakilan Kelas) berikut definisi MPK menurut kami.

A. Pengertian MPK

MPK adalah suatu organisasi di sekolah yang bertugas mengawasi kinerja OSIS dalam menjalankan tugas-tugasnya selama masa jabatannya berlangsung. Jabatan MPK lebih tinggi daripada OSIS karena MPK-lah satu-satunya organisasi di sekolah yang dapat memantau,mengawasi,dan membantu tugas-tugas dari OSIS.

B. Cara Kerja MPK

MPK mempunyai PK atau Perwakilan Kelas pada setiap kelas. MPK dapat menampung ide-ide dari PK yang merupakan masukan-masukan dari warga kelas tersebut. Setelah itu MPK meyerahkan ide-ide tersebut kepada OSIS untuk kemudian diseleksi kembali untuk dapat dijadikan program kerja OSIS.

Sebelum OSIS menyerahkan ataupun melaporkan program kerjanya kepada Pembina, OSIS harus merapatkannya dalam Rapat Pleno terlebih dahulu dengan MPK dan PK dengan Pembina OSIS sebagai penengah. Rapat Pleno diadakan tiga kali dalam satu tahun,yaitu :

1.  Rapat Pleno I , laporan program kerja yang akan dilaksanakan  dalam 1 tahun ke depan.

  1. Rapat Pleno II , laporan kinerja OSIS selama 1 semester.

3. Rapat Pleno III , laporan pertanggung jawaban OSIS dalam kinerjanya selama 1 tahun.

Setiap akan menjalankan atau melaksanakan programnya,OSIS harus mengadakan rapat terlebih dahulu dengan MPK.

C. Tugas-Tugas MPK

Tugas utama dari MPK adalah memantau,mengawasi,dan mengevaluasi kinerja OSIS selama masa jabatannya. Selain itu MPK dapat membantu OSIS apabila OSIS membutuhkan bantuan dan meminta MPK untuk membantunya.

Berikut adalah tugas-tugas MPK secara keseluruhan :

1. Mengawasi,memantau,dan membantu kinerja OSIS dalam melaksanakan program-proramnya.

  1. Mengevaluasi kerja OSIS.
  2. Mengadakan dan menyiapkan Rapat Pleno.
  3. Menyiapkan orasi pemilihan ketua MPK.
  4. Menyiapkan orasi pemilihan ketua OSIS.
  5. Menyeleksi calon anggota OSIS dan MPK untuk masa jabatan berikutnya.
  6. Mengadakan PKO-PKM untuk calon ketua OSIS dan MPK.
  7. Memilih calon ketua OSIS dan MPK yang akan melaksanakan orasi.
  8. Contoh : Membersihkan lingkungan sekolah atas inisiatif MPK sendiri.

Leave a comment